Jumat, 10 Agustus 2018

Batik Berau motif LINANG CARAMIN

Berdiri mematung di tepian Danau Labuhan Cermin..

Serasa tak sanggup mata ini berkedip, ketika disuguhkan dengan hamparan cermin raksasa yang sesekali beriak halus mengikuti liuk daun-daun yang berbisik dihembus angin.

Linang caramin..benar-benar bening laksana kaca..sampai detail kerikil dan butiran pasir di dasarnya pun terlihat sangatlah nyata..

hijau, sejuk.. sangat menenangkan..karena kerimbunan hutan beserta kawanan kera-kera kecil sesekali berlompatan diantara ranting-ranting yang setia melindungi dinginya  air danau.

dan itu perahu..bak mengambang, terbang di udara...

mungkin itu ungkapan yang bisa menggambarkan danau Labuhan Cermin yang berada di Kecamatan Biduk-biduk Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keunikan yang mungkin tidak akan ditemukan di lokasi wisata lain. Ada yang menyebutnya sebagai danau dua rasa, karena memang terdiri dari dua lapis rasa air..sekitar 1m dipermukaannya adalah air tawar..tapi cobalah menyelam..maka lapisan dibawahnya adalah air laut yang asin, karena memang danau ini sebenarnya langsung tersambung dengan laut.

Sejalan dengan semakin berkembangnya objek dan tujuan wisata wilayah Berau, kini seni batik hadir menambah kekayaan budayanya. Perahu, Pohon kelapa, jala, bintang laut, penyu dan beningnya air, serta bentuk yang simetris laksana cermin kehidupan menjadi ornament motif batik Linang Caramin sebagai gambaran lingkungan dan karakteristik masyarakat wilayah ini.

Filosofi motif Batik Linang Caramin :

menggambarkan tradisi lokal penduduk yang jernih dan bersahaja, bahwa hidup ini akan tenang jika menjadikan alam sebagai cerminan kehidupan, senantiasa mawas diri, bersatu dengan alam anugerah Sang Penguasa Kehidupan. 

CINTA BATIK BERAU

BATIK MOTIF RUTUN PENYU BATIK MOTIF RUTUN..MOTIF POHON KAKAO..HIU TUTUL TALISAYAN ANEKA GELAS LUKIS PIRING LUKIS BOTOL LUKIS 081944199910